Monday, July 05, 2010

0 LAKI-LAKI DIUTAMAKAN UNTUK MENYURUH KELUARGANYA MELAKSANAKAN SHALAT MALAM


Imam Bukhari berkata (hadits 115):
Diriwayatkan oleh Shadaqah dari Ibnu Uyainah dari Ma'mar dari Zuhri dari Hindun dari Ummu Salamah, dan Amar[1] dan Yahya Ibnu Said dari Zuhri dari Hindun dari Ummu Salamah dia berkata, pada suata malam Nabi s.a.w. terbangun lalu berkata, "Subhanallah, fitnah-fitnah apa yang diturunkan malam ini, dan perbendaharaan-perbendaharaan apa yang dibukakan, bangunkan penghuni-penghuni rumah karena boleh jadi (banyak sekali) berpakaian di dunia telanjang di akhirat."[2]
Hadits Sahih

Dan dikeluarkan oleh Bukhari pada beberapa tempat dalam kitab sahihnya dan Turmudzi dalam Bab fitnah-fitnah (2196) dan berkata, ini hadits hasan lagi sahih.

Imam Bukhari berkata (hadits 997):
Diriwayatkan oleh Musaddad dia berkata, diriwayatkan oleh Yahya dia berkata, diriwayatkan oleh Hisyam dia berkata, diriwayatkan oleh ayahku dari Aisyah dia berkata, Nabi s.a.w. sedang mengerjakan shalat sedangkan aku  tidur di depannya di atas ranjangnya maka apabila dia ingin mengerjakan witir, dia membangunkan diriku lalu aku mengerjakan witir.
Hadits Sahih

Dan dikeluarkan oleh Muslim hal. 395 dari riwayat Qasim dari Aisyah, dan Nasa`I (2/67).

Imam Bukhari berkata (Hadits 1127):
Diriwayatkan oleh Abu Yamân dia berkata, diriwayatkan oleh Syu'aib dari Zuhri dia berkata, diriwayatkan oleh Ali ibn Husain bahwa Husain ibn Ali memberitakan kepadanya, bahwa Ali ibn Abu Thalib menyampaikan kepadanya bahwa Rasulullah s.a.w. mengetuk pintu (mengunjunginya) dan Fatimah binti Nabi s.a.w. pada suatu malam lalu berkata, "Tidakkah kalian berdua shalat?" lalu aku jawab, "wahai Rasulullah, diri-diri kita di tangan Allah maka apabila Dia menghendaki untuk membangunkannya Dia membangunkannya." Kemudian dia kembali pulang ketika aku katakan itu dan dia tidak kembali kepadaku dengan sesuatu, kemudian aku mendengarnya sambil berpaling sembari memukul pahanya dan berkata, "Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah. [(QS. Al-Kahfi-[18]:54)]"
Hadits Sahih
Dan dikeluarkan oleh Muslim hadits (775) dan Nasa'i.

Demikian juga wanita DIUTAMAKAN UNTUK MENYURUH suaminya mengerjakan shalat malam

Imam Ahmad berkata (2/250):
Diriwayatkan oleh Yahya dari Ibnu 'Ijlan dari Qa'qâ' ibn Hakim dari Abu Shaleh dari Abu Hurairah r.a. dia berkata, Rasulullah s.a.w. bersabda, "Allah mengasihi seorang laki-laki yang bangun pada malam hari lalu mengerjakan shalat dan membangunkan istrinya lalu dia mengerjakan shalat. Maka apabila dia enggan (tidak bangun), dia memercikkan air di wajahnya. Dan Allah mengasihi seorang perempuan yang bangun pada malam hari lalu mengerjakan shalat dan membangunkan suaminya lalu dia mengerjakan shalat. Maka apabila enggan (tidak bangun), dia memercikkan air di wajahnya."
Hadits Hasan

Dan dikeluarkan oleh Ahmad juga (2/436), Abu Daud (1308 dan 1450), Ibnu Majah hadits nomor (1336) dan Ibnu Khuzaimah dalam kitab sahihnya (2/183).


[1] Perkataannya Amr dan Yahya ibn Said, kedua-duanya tersambung dengan kata sambung (Athâf) dari Ibnu Uyainah. 
[2] Perkataannya berpakaian… telanjang… padanya terdapat beberapa pendapat disebutkan oleh al-Hafizh Ibnu Hajar (Fathul Bâri, 13/23), salah satunya bahwa berpakaian di dunia dengan pakaian karena adanya kekayaan, telanjang di akhirat dari pahala karena tidak berbuat kebajikan di dunia.

Artikel Terkait:

your ad here

comments

0 Responses to "LAKI-LAKI DIUTAMAKAN UNTUK MENYURUH KELUARGANYA MELAKSANAKAN SHALAT MALAM"

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

eNews & Updates

Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!

Daftar Isi

Loading...